Thursday, April 19, 2007

Resensi VCD [Al-Hikmah Library]

Judul : Persamaan Islam dan Kristen bersama Dr. Zakir Naik
Produksi : Ababil, tahun 2006
Durasi : …. Menit.
Koleksi Perpustakaan Al-hikmah: nomer …..

Sepintas dari judulnya bermuatan pluralisme, paham yang seringkali diusung oleh penggerak Liberalisme di Indonesia, dari eranya Abdul Wahib, Cak Nur, hingga generasi Ulil, Musdah, Lutfhi di JIL sekarang ini. Kiranya banyak penikmat VCD ini yang akan berpikir sama. Namun, setelah melihat VCD ini, persamaan Islam Kristen (semua agama sama) yang di fatwa haram oleh MUI berbeda konteksnya.

Acara dalam vcd ini berlangsung di India, diawali dengan pemaparan dari Dr. Zakir Naik selaku pembicara tunggal. Dalam presentasinya, da’i muda yang rela melepaskan pekerjaan dokternya demi berdakwah ini, sangat detail sekali menunjukkan ayat-ayat, baik dari Kitab Al-Qur’an maupun Kitab-kitab Kristen. Diuraikannya bahwa Jesus juga berkhitan sebagaimana kewajiban Ummat Islam. Jesus juga melarang makan babi. Jesus juga berzakat, sholat, dan yang paling mengejutkan, Jesus juga mengaku seorang muslim.
Sesi selanjutnya berisi dialog dan tanya jawab dengan audience dari Islam maupun kristen. Kurang lebih ada 7 pertanyaan diajukan ke Dr. Zakir, namun yang paling seru ketika seorang Teolog dari Kristen mengkritisi bahwa Dr. Zakir telah keluar dari tema yang diseminarkan. Dr. Zakir yang dicecar demikian terlihat tenang untuk kemudian menjawabnya dan menjadi penegas sekaligus pembeda dari maksud persamaan diatas. Yang dimaksud persamaan dari tema seminar adalah persamaan ajaran, bukan persamaan perbuatan umat penganutnya.
Entah ini merupakan strategi jitu dari Dr. Zakir sendiri atau memang isinya yang merupakan persamaan secara tekstual. Terlepas dari keduanya, penikmat VCD ini tidak akan rugi setelah menyimak sampai habis. Sangat cocok untuk para santri, pelajar, hingga umat Kristen agar kembali menjalankan ajaran Jesus dengan benar. [uday]

No comments:

Lowongan Kerja -- ITS Online

Labels

Berita Detikinet

_________________