Sunday, April 22, 2007

Langkah sederhana update berita Joomla

Tak bisa dipungkiri bahwa Joomla merupakan CMS terpopuler karena keunggulan dan kemudahannya dalam membantu webmaster membangun situsnya. Keunggulannya membuat para juri CMS dinegeri sana menyematkannya sebagai CMS terbaik 2006. Walau ranking 3 (Drupal juara satu), berita ini cukup membanggakan bagi insan Joomla diseluruh dunia, termasuk Indonesia.

Namun tak bisa dipungkiri juga bahwa keunggulan dan kemudahan Joomla tidak sepenuhnya diterima dengan sepenuh hati oleh banyak orang. Ini tak mengherankan karena dengan banyaknya kelebihan Joomla tetap saja menjadikan pusing kepala. Tapi yakinlah, anda bukan orang yang tetap memakai mesik ketik walau atasan anda menyediakan komputer. Anda juga bukan orang yang kekeh untuk tetap memakai WS 7 ketika MS.Word diperkenalkan.
Ini hanya sindrom biasa ketika anda melihat banyak menu, banyak icon, banyak pulldown yang bertebaran. Begitu mencoba...

Berikutnya saya terangkan sedikit bagaimana memanajemen situs di joomla. Yang perlu dipahami di awal adalah Joomla termasuk jenis Content Management System artinya Joomla digunakan untuk mengorganisasikan content (isi) situs anda. Dalam mengorganisasi harus dipahami pula hirarki dari sistem content tersebut.Content di Joomla terdiri atas :


1. -Sections yg terdiri atas beberapa kategori
2. -------- kategori yg terdiri atas beberapa item
3. -----------------Item adalah artikel/berita yg ada di situs anda


contoh : Section olahraga terdiri dari kategori tinju, futsal, sepakbola. Dalam kategori Sepakbola ada item 1, item 2, item 3, dst.
Misal juga Section Humor, terdiri dari Humor Amerika, Humor Eropa, Humor Lokal. Dalam humor amerika ada item 1, 2, 3, dst.



Prakteknya adalah sebagai berikut:


1. Masuk ke halaman administrasi website joomla. Defaultnya : http://situsanda.com/administrator





2. Pilih Content – All Content Items





Kemudian click “new” pada toolbar




Masukkan berita pada form. Banyak isian-isian namun yang perlu diperhatikan adalah isian yang dibulati warna merah. Dari opsinya sudah jelas sehingga tak perlu dijelaskan disini. Selanjutnya klik Save jika telah selesai.


Tiga tahap diatas adalah cara yang paling sederhana untuk bisa memasukkan dan menampilkan berita/artikel di website. Langkah ini cukup untuk para pemula atau juga wartawan yang tak punya cukup waktu untuk repot-repot mempelajari paramater-paramater di blok kanan. Untuk info selengkapnya bisa dibaca/download pada file pdf Joomla Manager ini.

No comments:

Lowongan Kerja -- ITS Online

Labels

Berita Detikinet

_________________