Thursday, April 19, 2007

PADAT, ASYIK, DAN BERMANFAAT

[reportase]

Sirampog- Lima hari setelah lebaran di Madrasah Aliyah 2 Benda Sirampog diadakan kegiatan Pelatihan Website bagi para KrewChild, staff lab di sekolah tersebut. Acara yang bertajuk "Pelatihan Website 10 hari" ini menghadirkan instruktur dari Mastermind Surabaya. Berlangsung swadaya tanpa sponsor, acara digelar di Lab Komputasi dan sengaja dipilih dekat lebaran guna menghindari masuknya kembali siswa setelah libur.

Kegiatan yang bertujuan untuk menghidupkan kembali malhikdua.com ini dikemas dalam beragam sesi. Sesi pengenalan, pemahaman, pelatihan, game, diskusi hingga tanya jawab. Beberapa dari peserta mengaku cukup puas dengan apa yang disampaikan pemateri. Banyak dari mereka yang mulai paham bagaimana website itu dibuat.
"Rupanya rumit sekali." ujar Yudo (25), satu-satunya peserta tamu dari luar Pondok, tepatnya dari SMAN 1 Ponorogo yang tiba sehari sebelum acara digelar. "Dulu saya mengira bikin web itu cuma pake dreamweaver, tapi setelah disini saya baru tahu semua." Sambungnya lebih lanjut.
Namun ada peserta yang tak begitu puas dengan apa yang disampaikan, terutama soal waktu. "Banyak dari kami yang mengeluh tentang kesiapan instruktur. Sudah masuk pagi ternyata kelas masih belum mulai." cetus seorang peserta yang tak mau disebutkan namanya. Intruktur sendiri ketika dikonfirmasi membenarkan hal itu dan berupaya akan memperbaiki sistemnya di waktu mendatang.
Secara keseluruhan pelatihan berlangsung cukup lancar. Banyak peserta yang terlihat sudah mampu membuat web pesonal. Ini dilihat dari banyaknya peserta yang telah memiliki alamat website sendiri dan memakai program FTP untuk menguploadnya ke server hosting. Selain web, mereka juga aktif memanfaatkan trend-trend yang lagi hangat di Internet, yakni Friendster dan weblog. Beberapa peserta asyik mencari teman untuk dijadikan jaringan sosialnya dan yang lain sibuk mencurahkan kata-kata perdananya melalui sebuah blogspot.
Seiring dengan itu, panitia memang berharap perserta akan mampu menerapkan ilmunya dalam mengelola website sekolah. "Sudah 4 tahun kita punya website tapi saya tidak melihat ada perubahan didalamnya." Kata Pak Sulkhi (usia) selaku kepada program. "Maka dari itu saya berharap kegiatan ini bisa berkesinambungan". tambah bapak satu anak yang ditemui saat berkunjung dikediamannya. [ns]

No comments:

Lowongan Kerja -- ITS Online

Labels

Berita Detikinet

_________________